Photoshop Tutorial Mengenal Tools Photoshop CS6 dan Fungsinya

Siapa yang tidak kenal Adobe Photoshop...?
Tentunya dijaman canggih seperti sekarang ini pasti banyak yang sudah mengenal sebuah aplikasi besutan Adobe itu...

Ya  Adobe Photoshop, Software PC yang di buat khusus untuk memanipulasi gambar itu di rancang sedemikian rupa agar bisa optimal dalam peroses manipulasi gambar/foto.
Adobe Photoshop merupakan salah satu program pengolah gambar standar professional berbasis bitmap. Fungsi utama dari adobe photoshop ini adalah untuk koreksi dan manipulasi foto. Tidak ada ruginya jika anda mau belajar photoshop ini dan jangan setengah-stengah jika ingin mahir dalam belajar photoshop. Dalam proses ini sebenarnya photoshop digunakan untuk melakukan tugas-tugas sebagai berikut :

Membuat tulisan dengan efek tertentu – Kelebihan Photoshop adalah mampu membuat tulisan dengan bermacam-macam karakteristil.
Membuat gambar Foto seperti kartun/Vector
Membuat tekstur dan material beragam – Dengan langkah-langkah tertentu, seorang desainer bisa membuat gambar misalnya daun, logam, air dan bermacam gambar lainnya.

Mengedit foto dan gambar yang sudah ada – Manipulasi yang bisa dilakukan antara lain : mengubah posisi gambar, mengatur pencahayaan, komposisi warna dan menambah atau mengurangi. Disamping itu dengan belajar photoshop, kita bisa memperbaiki foto yang sudah rusak dengan sangat mudah.

Berikut adalah beberapa hasil dari penggunaan photoshop yang saya kerjakan

Mengenal Alat Tempur di Adobe Photoshop CS6

atau untuk melihat lebih banyak tentang hasil yang saya kerjakan, bisa mengunjungi Fans Page di sini
bisa juga di facebook saya disini

Dengan software photoshop suatu foto atau gambar bisa dipresentasikan dengan berbagai format seperti JPG, JPEG, BITMP, PNG, TIF, dll.
Ok sebelum anda Belajar Photoshop, sebaiknya anda mengenal terlebih dahulu beberapa fitur-fitur atau alat tempur yang digunakan untuk mengolah gambar seperti berikut:

Mengenal Alat Tempur Photoshop
Untuk Mengenal Alat Tempur Photoshop CS6 berikut penjelasannya :


A. 
Toolbox – Berisi berbagai macam tool yang digunakan untuk mengolah gambar/foto, Jika ingin  mahir dalam belajar photoshop kenali dan pahami fungsi-fungsi yang ada pada toolbox ini.

B.
Menu – Berikut adalah menu yang terdapat pada Adobe Photoshop
File – Berkaitan dengan file seperti membuat dokumen baru, menyimpan, membuka, export, import dan cetak.
Edit – Berkaitan dengan editing secara umum seperti cut, copy, paste, transform image serta untuk mengatur preferences  adobe photoshop.
Image – berisi editing image untuk mengatur warna, hue/saturation, birghtness/contrast, ukuran.
Layer – berkaitan dengan manajemen layer pada image, seperti menambah layer, menghapus, menambah efek pada layer serta masking.
Select – berkaitan dengan selection image.
Filter – Berisikan filter-filter yang terinstalpada photoshop yang dapat digunakan untuk memberi efek tertentu pada image.
View – Digunakan untuk pengaturan view seperti zooming image, menampilkan skala dan sebagainya.
Window – Digunakan untuk pengaturan wondow
Help – Digunakan untuk menampilkan fasilitas help Adobe Photoshop.

C.
View area – Bagian ini digunakan untuk menampilkan image yang sedang dikerjakan. (Ruang Kerja )

D. 
Back Space – Bagian ini digunakan untuk mengembalikan hasil pekerjaan jika ada hal yang salah atau bisa juga dengan menggunakan Crtl+Z, Tab ini juga bisa menampilkan beberapa hasil Plugin dari Action.

E.
Pallete Well – Digunakan untuk memudahkan dalam pengaturan pallete, Seperti mengatur warna, Mengatur Layer dan Mengatur Blending Mode.

Demikian informasi Mengenal Alat Tempur Photoshop CS6, semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

Rgd's



2 Responses to "Photoshop Tutorial Mengenal Tools Photoshop CS6 dan Fungsinya"